Sholawat Nabi dan Keutamaan Bacaan Sholawat | AA Sciences

Postingan Terbaru

Sholawat Nabi dan Keutamaan Bacaan Sholawat

Sholawat

AA Sciences, Kumpulan Sholawat Nabi dan Berbagai Keutamaan Bacaan Sholawat - Sudah tidak asing lagi shohib AA Sciences semuanya, membaca sholawat nabi adalah perihal yang cukup penting bagi bagi orang yang mukmin.

Dengan selalu membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW itupun merupakan sunnah/ajaran yang langsung diperintahkan oleh Rasulullah ﷺ sendiri serta Allah SWT pun memerintahkannya.

Membaca sholawat Nabi ditegaskan dalam Al-Qur'an serta hadits Rasulullah ﷺ lantaran tersebut pun perintah dari Allah SWT juga kasih sayang untuk menyanjung kekasihNya yakni Rasulullah SAW.

Anjuran bershalawat telah jelas adanya terdapat dalam Qur'an surat Al Ahzab ayat 56, Allah SWT berfirman yang artinya “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang – orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”.

Rasulullah pun mengaskan dari Imam Turmudzi dari Ibnu Mas’ud ra. Bahwasanya Beliau bersabda “Manusia yang paling patut berkumpul denganku ialah yang paling banyak bershalawat kepadaku.”

Maka dari itu jika diambil dari sisi baiknya maka amalkan dengan selalu bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW baik setiap waktu, detik, jam dan waktu sebisa kita.

Dengan seringnya kita bersholawat kepada Nabi Muhammad ﷺ maka tidaklah ragu kembali pasti hati akan menjadi tentram, damai dan tenang.


Hukum Sholawat Nabi


Membaca sholawat nabi pun tentunya terdapat hukum-hukumnya.

Banyak pendapat yang berbeda beda dari ulama terkait hukum dari membaca sholawat.


Membaca sholawat ketika disebut Nama Nabi Muhammad ﷺ atau Rasulullah ﷺ itu harus kita membaca sholawat kepada Rasul karena jika tidak, maka dikategorikan ia orang yang paling baghil (pelit).

“Orang yang disebut namaku (Rasulullah ﷺ) di sisinya tetapi ia tidak mau bersholawat kepadaku, itulah manusia yang paling bahil.” (HR Imam Turmudzi).

Bacaan-bacaan Sholawat Nabi


Terdapat beberapa ragam macam jenis bacaan sholawat, baik itu sholawat khusus dan sholawat umum.

Shalawat khusus adalah lantunan bacaan sholawat yang memiliki keutamaan khusus.

Terdapat banyak bacaan sholawat khusus dengan berbagai keutamaan yang dimilikinya. Diantaranya yakni sebagai berikut :

1. Sholawat Nariyah


Sholawat Nabi - Nariyah

.أَللَّـهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كاَمِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَماً تاَماً عَلَى سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ نِ الَّذِى تَنْحَلُ بِهِ العُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الحَوَائِجُ وَتُناَلُ بِهِ الرَّغاَئِبُ وَحُسْنُ الخَوَاتِمِ وَيَسْتَسْقَى الغَماَمُ بِوَجْهِهِ الكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فىِ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allohumma sholli shollatan kamilah wa sallim salaman Taman ala sayyidina Muhammadiladzi tanhallu bihil uqodu wa tanfariju bihil kurobu.Wa tuqdhobihil hawa iju wa tunna lu bihiro ibu wa husnul khowatim wa yustaqol ghomawu biwaj hihil kariim wa ala aalihi washosbihi fii kulli lamhatin wa hafasim bi adadi kulli ma luu mi laka ya robbal aalamiin..

Artinya : Ya Allah Tuhan Kami limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan ditunaikan segala macam hajat tercapai segala keinginan dan khusnul khotimah dicurahkan rahmat dengan berkah pribadinya yang mulia. Kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna itu semoga Engkau limpahkan juga kepada para keluarga dan sahabatnya setiap kedipan mata dan hembusan nafas bahkan sebanyak pengetahuan Engkau Ya Tuhan semesta alam.

Doa sholawat Nariyah ini merupakan doa sholawat yang memiliki keutamaan sangat besar. Keutamaan sholawat Nariyah antara lain:


  • Mempermudah tercapainya cita – cita
  • Melapangkan segala kesempitan
  • Cepatnya terkabulnya hajat


Mengamalkan sholawat nariyah kalian dapat membaca dengan sebanyak 3, 7, 11, 40 atau 100 kali selepas sholat fardhu .

InsyaAllah dengan ikhtiar, niat yang ikhlas apa yang dihajatkan cepat terkabulkan.


2. Sholawat Al Fatih


Sholawat Nabi - Al Fatih

أَللَّـهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ نِ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ نَاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي إِلىَ صِرَاطِكَ المُسْتَقِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Allahumma shalli wasallim wabaarik ‘alaa sayyidinaa Muhammadinil faatihi limaa ughliqa, wal khaatimi limaa sabaqa wannaashiril haqqi bil haqqi walhaadii ilaa shiraathikal mustaqiimi, shallallaahu ‘alaihi wa ‘alaa aalihi wa ash haabihi haqqa qadrihii wamiqdaa rihil ‘adziim.

Artinya: “Ya Allah curahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang dapat membuka sesuatu yang terkunci, penutup dari semua yang terdahulu, penolong kebenaran dengan jalan yang benar, dan petunjuk kepada jalanMu yang lurus. Semoga Allah mencurahkan rahmat kepada beliau, kepada keluarganya dan kepada semua sahabatnya dengan sebenar-benar kekuasaanNya yang Maha Agung.”

Sholawat alfatih ini pun memiliki kemuliaan yang besar. Dimana keutamaan sholawat fatih yang luar biasa ini, yakni:


  • Menghilangkan segala kesempitan dan kesusahan hati
  • Menjauhkan dari siksa api neraka
  • Dapat Bertemu dengan Rasulullah SAW dalam mimpi kita
  • Dapat melapangkan rezeki
  • Diselamatkan keluarga dari beragam macam marabahaya
  • Mendapatkan pahala yang besar seperti membaca 1000 kali atau juga 600.000 kali


Cara mengamalkan sholawat Al Fatih ada beberapa cara yaitu

Untuk mendapatkan manfaat pertama kali, sekurang-kurangnya adalah dengan membaca satu kali dalam seumur hidup.

Manfaat lainnya membaca sholawat al fatih sebanyak 1000 kali ketika pada hari kamis, malam jumat atau bahkan pada malam senin.

Utamakan sebelum membaca, hendaknya erlebih dahulu melaksanakan sholat hajat 4 rakaat setiap dua rakaat salam.

Pada rakaat pertama, usai membaca surat Al Fatihah lalu membaca surat Al Qadar.

Pada rakaat kedua, usai membaca surat Al fatihah, lalu membaca surat Al Zalzalah.

Lalu ketika rakaat pertama dalam shalat hajat yang kedua, setelah membaca surat Al Fatihah selajutnya dengan membaca surat Al Kafirun, pada rakaat kedua membaca surat Al Mu’awwidzatain.

Manfaat lainnya yakni secara terus menerus dibaca setiap usai mengerjakan sholat shubuh sebanyak 21 kali.

3. Sholawat Munjiyat



Sholawat Nabi - Munjiyat

اللَهُمَّ صَلِّ عَلَي سَيِّدِنَا مُحمَدٍ صَلاَةٌ تُنْجيْنَا بِهَا مِنَ جَمِيْعَ الأهَوْاَلِ وَالأَفَاتِ وَتَقْضِي لَنَا بها جَمِيعَ الحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيّئاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَي الدَرَجَاتِ وَتُبَلّغُنَا بِهَا أَقْصَي الغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الخَيرَاتِ فِي الحَيَاةِ وَبَعْدَ المَمَاتِ برحمتك يا أرحم الراحمين



Artinya: “Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kita dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan. Dan dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami. Dan dengan shalawat itu, Engkau akan membersihkan kita dari semua keburukan/kesalahan. Dan dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi.Dan dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati. Dengan rahmatu-Mu, wahai Sang Pemberi Rahmat.”

Sholawat Munjiyat tidak asing lagi di dengar di telibga kita, bahkan memiliki pula keutamaan, diantaranya sebagai berikut:


  • Mempermudah hajat qobul
  • Menghilangkan segala kesulitan
  • Menjadikan hati terang benderang
  • Memudahkan datangnya rezeki


Adapula cara mengamalkan shalawat munjiyat, dengan cara dibaca secara terus menerus usai sholat fardhu sebanyak 11 kali.

Sholawat umum yakni sholawat yang biasa sering diucapkan dalam sholat serta diamalkan tidak dalam jumlah tertentu. Sholawat umum diantaranya sebagai berikut :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ

“Allohumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad An Nabiyyil Ummiyyi.”

(Ya Allah, berilah Shalawat kepada Muhammad Nabi yang Ummi).

اللَّهُمَّ صّلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

“Allohumma Sholli ‘Ala (Sayyidina) Muhammad Wa ’Ala Ali (Sayyidina) Muhammad Kama Shollaita ‘Ala (Sayyidina) Ali Ibrahim, Innaka Hamidun Majid.”

“Ya Allah, berilah Shalawat kepada Muhammad dan kerabatnya, karena engkau memberi shalawat kepada kerabat Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”.

Itulah penjabaran mengenai pentingnya membaca sholawat kepada Nabi Muhammad ﷺ serta beberapa bacaan sholawat nabi yang memiliki keutamaan yang amat begitu besar untuk kita.

Semoga kita semua selalu dapat istiqomah membaca sholawat baik dalam lingkup kondisi dimana saja, aamiin.

Silahkan bagikan artikel ini agar bermanfaat untuk lainnya.

0 Response to "Sholawat Nabi dan Keutamaan Bacaan Sholawat"

Post a Comment


~ Jika ingin men Copy Paste harap masuk kan sumber link artikel saya di postingan sobat
~Dilarang Berkomentar link aktif , jika ada yang memasuk kan link aktif maka kami akan Hapus dan kami anggap Spam
~ Komentar lah dengan Bahasa yang Baik dan Relevan dengan sesuai artikel terkait tersebut . Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel